Foto di depan masjid raya Bandung

Berawal dari kegabutan kami berdua, saya dan Faiz (teman sekelas) berhasil sampai di Kota Kembang! 

Faiz yang sedang main kerumah, saya ajak untuk pergi ke Bandung. Ide untuk mengajaknya pergi ke kota kembang ini muncul begitu saja bak petir di siang bolong. 

Padahal waktu sudah malam, agak maksain gak sih? Cuman, coba aja deh. Barangkali mau.

Disisi lain, saya memiliki keinginan yang besar untuk bisa sampai ke kota yang satu ini. Siapa yang tak ingin pergi ke Bandung. 

Kota yang katanya menyimpan sejuta keindahan, keunikan, dan kecantikan para wanita. Membuat siapa saja pasti ingin berkunjung atau hanya sekedar mampir ke Bandung, hayo jujur??

Saya dan Faiz bisa dibilang sepasang sahabat yang tak betah berdiam diri terlalu lama. Sehingga mudah saja untuk mengajaknya pergi kemanapun dan kapanpun. 

Yang terpenting adalah niat yang kuat, permasalahan yang lainnya bisa dihadapi bersama. Termasuk Permasalahan budget.

“iz, ke bandung yuk ?” 
“ayuk lif, jadi terus gua mah”

Rencana disetujui, saatnya persiapan perjalanan


Setelah Faiz mengiyakan ajakan saya untuk pergi ke Kota Kembang. Langsung saja saya mencari referensi tempat yang akan kami datangi, selain Jl Asia Afrika dan Gedung Sate yang memang iconic di kota ini. 

Setelah searching-searching ketemulah tempat yang hampir mirip seperti Puncak, Bogor

Namanya Caringin Tilu atau Cartil, waktu itu keyword  saya adalah Wisata malam di Bandung ketemulah tempat ini. 

Setelah jelas di sana kami akan kemana, maka langkah selanjutnya adalah persiapan.

Caringin Tilu Kala Malam Hari
Source : http://www.wisatabagus.net/caringin-tilu-cartil-bandung

Karena kami berdua, belum pernah kesana menggunakan motor. Maka google maps merupakan hal yang penting untuk kami agar sampai ke tujuan tersebut. 

Oya, ini pengalaman pertama kami pergi ke Bandung dengan motor. Kalau buat saya sih baru pertama kali ke Kota Kembang ini, sedangkan Faiz? Udah cukup sering katanya. 

Cuman modal nekat dan keinginan yang kuat buat kesana, dengan budget yang minim sekitar Rp 200.000-an kami pergi kesana. 

Segala perangkat elektronik seperti handphone, powerbank kami isi daya terlebih dahulu. Sembari menunggu daya terisi, kami berbincang santai sembari membayangkan berada di Kota Kembang.

Kala itu kasur yang hangat nan empuk seperti bebicara agar kami tidak pergi, memang terlihat nyaman. 

Alih-alih tidur di kasur yang telah memanggil, semangat kami malah semakin menggebu-gebu untuk segera berangkat. 

Tepat jam 21:30 kami pun pergi berangkat dengan keadaan Hp faiz yang terisi 40%, hp saya Alhamdulillah 98%, powerbank pun terisi penuh (kapasitasnya emang sedikit sekitar 3000mAh, kalau gak salah).

Perintilan gadget yang kami bawa, emang bikin ribet dan penuh tas. Belum lagi kalau yang dibutuhin cuman kabel cahrge doang, rasanya harus dibongkar semuanya. Ribet! 

Tapi, klau kamu punya travel pouch akan sangat membantu dalam mengatur peralatan elektronik yang akan kamu gunakan selama travelling

Barang yang satu ini juga membuat semuanya terlihat rapih dan tidak tercecer kemana aja. Kamu hanya perlu satu gerakan untuk mengakses perlengkapan elektronik kamu.

Gak perlu ribet kayak saya yang harus cari satu-satu di tas perjalanan. 

Kamu bisa cek rekomendasi Travel Pouch dari Insanus Mlaku, langsung aja cek disini

Perjalanan menuju Bandung

Kami berangkat dari rumah saya yang berada di Pamulang. Sebelum gasspoll, kami mampir dulu di POM bensin Pamulang 2 buat ngasih minum motornya si Faiz, isi fuel mas!!

Setelah itu kami langsung cabs otw ke kota Kembang. Setelah liat maps, rute terdekat menuju bandung yaitu lewat Pucak, Bogor. 

Waktu itu faiz yang di depan dan saya jadi penunjuk jalan. Karena Faiz sering nongkrong di Warpat jadi kita mulai pake maps setelah melewati puncak. 

Lalu, ia langsung gas pol tanpa basa basi. Kamu tau Parung? Kebayang lah gimana jalanan Parung kalau malam hari kayak apa? Gak perlu saya jelasin lebih detail lagi, hehehehe.

Singkat cerita, kami sampai di jalan raya puncak, waktu itu kondisinya macet parah. Mungkin karena malem minggu kali yak? jadi macet banget. 

Akhirnya kami memutuskan buat istirahat di salah satu masjid terdekat, setelah selesai sholat kami ngobrol sebentar.

“gimana cuy jadi lanjut bandung kagak nih” kata saya
“liat ntar di warpat dah, kalo disitu masih macet biasanya sampe bandung macet. Mending, kita je warpat aja, gimana?" balas faiz
“oke!!” sahut saya. Dalam hati tetap berharap jadi ke Bandung

Setelah istirahat, kami bertukar posisi, sekarang giliran saya yang mengendarai motor. Alhamdulillahnya sampe warpat udah gak macet lagi, sehingga jadilah kami ke Bandung.

Setelah melewati Istana Cipanas kami mulai menggunakan google maps.  Ketika sampai di Cianjur, kami langsung nyari makanan, maklum perut udah kerongcongan banget. 

Tulang ekor juga rasa-rasanya sudah hampir menyatu dengan jok motor. 

Berhentilah kami di warung makan lamongan, langsung saja kami memesan. Saya pesen pecel lele dan faiz pesen ayam goreng. 

Kamu makan dulu ya.. baru nanti disambung lagi ceritanya :D

Ketika kami makan, waktu sudah menunjukan pukul 00:30. Menurut google maps sih udah gak jauh lagi. Tapi, emang kamu percaya? taulah perkiraan di google maps gimana... kadang gak sesuai realita. 

Pukul 01:15 kami melanjutkan perjalanan, sekitar jam 02:00 kami sampai di Kabupaten Bandung Barat. 

Perasaan udah seneng tuh karena perjalanan akan segera berakhir, tak lama dari tulisan Kabupaten Bandung Barat ada tulisan Welcome To Bandung.

Kami berhenti sebentar buat foto tulisan tersebut, hehe. Setelahnya, kami mengendarai sepeda motor dengan santai.

Kami pacu dengan pelan sepeda motor itu sembari menikmati sepinya jalanan kota Bandung. 

Jam 02:30 kami sampai di alun-alun Bandung, langsung aja kamu parkir motor di basement alun-alun.

Setelah dapet parkiran, kami santai-santai dulu sambil melepas penat. Dalam hati, saya berteriak "DAMN BROH, BANDUNG!!"

Welcome To Bandung
Tulisan pembangkit kantuk kami

Kegiatan kami di Bandung

Setelah selesai istirahat, saya mengajak faiz yang masih keliatan capek buat keluar jalan-jalan. Sesampainya di mulut basement cuaca lagi gerimis. 

Saya sedikit ragu untuk melanjutkan lanfkah. Namun, si faiz berkata sembari meninggalkan saya “ayok kapan lagi ujan-ujanan di Bandung”. 

Akhirnya saya mantap untuk melanjutkan langkah. Setelahnya, pertama-tama kami menuju tulisan “JL Asia Afrika” untuk foto-foto (biar kayak orang-orang).

Sialnya, gak nemu-nemu, malah ketemu bangku jalan yang biasa buat ngobrol Kang Mus (serial Preman Pensiun).

Setelah putus asa karena gak ketemu tulisan tersebut, akhirnya kami berpindah destinasi. Kami memutuskan untuk foto di depan Masjid Raya BandungSetelah foto di depan masjid raya, kami balik lagi ke parkiran buat pergi ke Gedung Sate.

“kuy iz gedung sate” kata saya
“eeet, ntar dulu pak, ngaso dulu apah cape bego” kata faiz

Kalo yang namanya seneng, semua rasa capek di perjalanan seakan hilang, namun itu gak berlaku buat si faiz. Dasar Lemah! 

Akhirnya saya nunggu faiz yang masih kecapean. Setelah beberapa saat barulah dia mengajak pergi. Destinasi kedua, Gedung Sate. 

Kami kesana menggunakan google maps, sesampainya di lokasi. Kami tidak melakukan hal apapun, selain foto. 

Karena gak memungkinkan buat ke Cartil akhirnya kami langsung pulanh, namanya juga rencana ada yang terlaksana, ada juga yang nggak. 

Sampai Bandung dalam keadaan slamet waras aja udah seneng banget.

Perjalanan Pulang

Dari gedung sate kami langsung buka google maps buat pulang. waktu menunjukan sekitar pukul 04:00.

Perjalanan pulang kami tidak semulus berangkat. Hal ini dikarenakan kami lupa tidak mengaktifkan fitur khusus motor.

Alhasil, kami nyasar mau masuk ke tol Purbaleunyi kalo gak salah. Persis di depan mulut tol kami sedikit berdebat. Jalan mana yang akan kami ambil.

Waktu itu kita di persimpangan, ke kiri arah gunung batu, lurus masuk tol, kanan gak tau. Si faiz bilang ke kiri tuh lewat gunung batu, saya coba telusur jalannya via google maps, eh bukan menuju jalan pulang. Entah kemana arahnya.

“udah gini bae, lewat sono no belok kanan kali aja itu jalannya bego” kata saya

Faiz masih aja ngeyel lewat gunung batu, saya yang kesel maksa buat nyuruh dia ke kanan, kalo nyasar ya tinggal balik lagi lewat gunung batu, akhirnya kita ke kanan. 

Sampe di pertengahan jalan si faiz keliatan bingung, kayaknya gak lewat sini pas berangkat. Kamu tau hal yang menyebalkan di jalan-jalan kota besar? 

Jalan berangkat dengan pulang berbeda!

Ditengah jalan, saya buka lagi google maps, akhirnya ketemu juga jalan pulang via puncak. Dengan rasa setengah puas karena tebakan saya benar.

Saya menyodorkan hasil dari google maps tersebut kepada Faiz sambil berkata, “nih liat jalanya bener, ngeyel banget si lu.. coba tadi lewat gunung batu udah kemana tau kita”

Akhirnya kita nerusin, sampai daerah Cianjur pinggiran atau dimana, gak terlalu ngeh juga. Kami mendengar adzan shubuh berkumandang. 

Kami langsung mencari masjid buat sholat sambil tidur sebentar, maklum lah yak.. belum tidur dari berangkat.

Setelah sampe di masjid, udah masuk masjid ada tulisan yang terpampang dengan jelas DILARANG TIDUR DI DALAM MASJID, mampus… 

Untungnya di depan ada kursi panjang yang lebarnya cukuplah, kalo kata Trinity di bukunya The Naked Traveler, kursi panjang itu sudah seperti hotel VIP. 

Niat hati buat tidur sebentar, malah keterusan sampe jam 05:00. Niat hati ingin bangun, terus lanjut pulang lagi. 

Siapa tau dapet bonus sunrise di puncak, namun naas sodara-sodara kami kebablasan dan alhasil kami bangun jam 06:20 langit udah cerah banget.

Saya langsung bangunin faiz buat lanjut lagi jalan pulan, emang dasar dia kebo banget. Balasan yang saya terima hanya iya iya doang tapi tak kunjung bangun bangun.

Ya udah saya tungguin bae, sambil ngumpulin nyawa, entah dari mana istilah tersebut, setiap orang yang baru bangun pasti bilang “Ngumpulin Nyawa Dulu

Saya duduk dengan santai sedikit merebahkan badan. Eh, si faiz malah memenuhi pangilan alam terlebih dahulu, alhasil saya harus menunggu lagi, lagi, lagi, dan lagi.

Setelah semuanya siap, kita langsung cabut dari masjid buat lanjutin perjalan balik, dipertangahan perut laper nih “sarapan dulu kali nih” kata saya, dia juga laper ternyata.

Akhirnya kami berhenti di tukang bubur ayam.. setelah selesai sarapan kami langsung jalan lagi. Nah, setelah sarapan itu baru jalan yang kemaren kita lalui pas berangkat ketemu lagi.

Singkat cerita.. kami sampai di warpat.  Niat hati nongkrong sebentar di warpat. Kami langsung saja pesen ini, pesen itu, eh anjir habisnya banyak banget.. 

Sialan!

Seberes nongkrong, kami langsung lanjut pulang. Akhirnya kami sampai rumah saya sekitar pukul 12:30. 

Nah, sesampainya dirumah saya langusung ganti baju tidur, dan berakhir bangun jam 19:00.
Rasa dendam menahan ngantuk dan gak tidur selama perjalanan terbalaskan.


Rekap Budget Ke Bandung

Rekapitulasi pengeluaran selama di bandung